Aceh siap jadi tuan rumah Rakor Forum PRB se-Indonesia tahun 2019-2020

oleh -352 kali dilihat

Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin (dua dari kanan) saat menghadiri Rakornas Forum PRB se-Indonesia di Jogjakarta, 26-27 November 2018. Foto:Istimewa
ACEHWOW.COM – JOGJAKARTA, Provinsi Aceh siapa menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Forum PRB se-Indonesia tahun 2019/2020. Harapan ini disampaikan pada Rakornas Forum PRB yang diselenggarakan BNPB di Kota Jogjakarta, 26-27 November 2018).

Sebagai mitra kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Forum PRB mengambil peran penting dalam mitigasi dan adaptasi bencana.

Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin yang didampingi Sekretaris, Hasan Dibangka menyampaikan melalui pesan seluler tentang ketertarikan aceh menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan kedepan di hadapan forum se-Indonesia tersebut.

Rangkaian kegiatan juga turut dilakukan pemberian anugerah kebencanaan untuk Bupati Agam dan Bupati Klaten.

Forum ini juga menyepakati komitmen bersama Forum PRB sebagai mitra kerja strategis BPBD di daerah masing-masing.

Pertama menjadikan Rakornas ini dapat menjadi agenda tahunan BNPB sebagai wadah evaluasi dan pemantapan kerja Forum PRB. Kedua Forum PRB dapat dilibatkan dalam giat-giat pengurangan risiko bencana baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Ketiga, Forum PRB dapat dilibatkan slama penyusunan draft RANPERBAN Forum PRB. Keempat, harus dibentuk organ struktur Forum PRB ditingkat Pusat. Saat ini Planas memakai platform internasional. Kelima, mendesak BNPB menulis surat yang ditujukan kepada BPBD provinsi dan Kabupaten untuk pembentukan Forum PRB.

Forum PRB Aceh seyogyanya dapat memberikan contoh positif dalam kerja-kerja sebagai mitra strategis BPBA mewujudkan program prioritas kesembilan dari RPJMA 2017-2022 yaitu Sumberdaya Alam yang berkelanjutan dan Kebencanaan. (redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *