Buka Mubes MAA Provinsi, Ini yang Disampaikan Gubernur Nova Iriansyah

oleh -40 kali dilihat

FOTO, Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT menyampaikan kata sambutan, pada pembukaan Mubes MAA Provinsi Aceh, di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Kamis (26/11) pagi.

ACEHWOW.COM-Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah,MT menyampaikan kata sambutan secara panjang lebar, pada
Musyawarah Besar (Mubes) Majelis Adat Aceh (MAA) Tahun 2020, di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Kamis (26/11) pagi. Diantaranya disampaikan Gubernur, yang juga sebelumnya menjabat sebagai Wagub menyebutkan.
MAA yang merupakan sebuah lembaga daerah dan penting dalam mewujudkan serta meneruskan kebesaran adat Aceh, juga telah di- warisi dari para indatu sebelumnya.
Dengen demikian Adat Aceh yang diktakan bagian tak terpisahkan dari kebijakan Pemerintah Aceh, bahkan telah dituangkan dalam visi dan misi yang harus dilaksanakan dalam program pembangunan secara menyeluruh. Salah satunya adalah, Aceh Meuadab yang mengandung makna sangat luas, yakni membina hati, jiwa, dan semangat ureung (orang) Aceh melalui adat dan budaya.
“Melalui Aceh Meuadab kita harapkan terwujudnya sebuah masyarakat yang santun, damai, cerdas, berakhlak mulia, menjauhi sikap dan perilaku intoleran, fitnah, maupun adu domba’.
Gubernur juga menerangkan, yakin bahwa adat Aceh diilhami dan sejalan dengan syariat Islam sebagaimana kekususannya.
Sebagaimana bunyi pepatah populer, “Hukom deungon adat hanjeut cree, lagee zat deungon sifeut”, petik Nova Iriansyah juga mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan.
Baik dari petinggi TNI dan Polri jajaran Kodam IM serta Polda Aceh, satuan perangkat daerah Aceh, instansi dan lembaga lainnya turut menghadiri serimoni pembukaan Mubes MAA dimaksud.
Untuk kalangan generasi muda, Gubernur juga berharap MAA Aceh harus familiar dengan platform digital dalam mengenalkan adat Aceh.
Sekaligus untuk mendekatkan jarak dengan generasi muda dan memberikan petuah kepada generasi penerus agar tidak terseret dan jeratan narkoba, serta kebiasaan negatif lainya.
Diakhir sambutannya, Gubernur Nova Iriansyah mengharapkan, Mufakat (Mubes) tersebut dapat menghasilkan kesepakatan yang terbaik, sehingga terus menjadikan adat Aceh sebagai pemersatu bagi masyarakat.
Sementara Plt Ketua MAA Aceh, Prof Farid Wajidi Ibrahim, MA menyebutkan. Mubes tersebut diikuti peserta dari MAA Kabupaten dan Kota se Aceh, semoga pertemuan besar ini lebih memperkuat lembaga MAA, lewat pemikiran dan saran selama musyawarah serta melahirkan keputusan pisitif dan disetujui semua kalangan, pintanya singkat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *