Bupati Aceh Besar Resmikan Penambahan Hari Pekan Sibreh

oleh -13 kali dilihat

ACEHWOW.COM- Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali resmikan penambahan hari Pekan Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, di Pasar Sibreh, Minggu (29/11/2020).

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali dalam menyampaikan bahwa Pasar Sibreh selama ini hari Pekannya setiap Rabu, sekarang ditambah dengan hari Minggu, maka mulai saat ini, hari pekan Sibreh menjadi dua hari dalam seminggu.
“Alhamdulilah, Pasar Sibreh yang dikenal dengan pasar hewan ternak pada hari rabu, mulai sekarang Pemerintah Aceh Besar menambah menjadi dua hari minggu. Jadi hari pekan di Pasar Sibreh pada hari Rabu dan Minggu,” katanya.
Bupati Mawardi menerangkan bahwa sektor rill ada di pasar sebagai tempat terjadi perputaran ekonomi yang sangat cepat, sehingga penambahan hari Pekan juga dapat meningkatkan daya beli dan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat serta pedangang.

Ia menyampaikan ditengah pandemi Covid-19 masih belum mereda, namun ekonomi Aceh Besar masih tumbuh dengan baik. Hal itu, karena pertumbuhan ekonomi dan transaksi dagang berjalan dengan baik. “Untuk itu sektor UKM, perdagangan, dan pasar tradisional harus kita kuatkan,” pintanya.

Menyangkut pengembangan pasar, menurut Bupati tidak mesti harus dibangun oleh pemerintah, tetapi dapat diajak kerjasama dan keterlibatan pemilik lahan dalam membangun pasar. “Yang terpenting kegiatan dan denyut pasar-pasar di Aceh Besar perlu kita jaga bersama, demi pertumbuhan ekonomi,” pungkas Mawardi Ali.

‘Saya juga perintahkan kepada Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Aceh Besar untuk segera mengaspal jalan akses ke pasar, tahun lalu saya sudah janjikan kepada pedagang di pasar Sibreh ini untuk membnagun jlan, tapi tidak diindahkan oleh dinas terkait, makannya dalam waktu 14 hari ini harus selesia jalan tersebut, ujar Mawardi dengan tegas.

Plt Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Aceh Besar Darmansyah ST, mengatakan bahwa penambahan hari pekan di Pasar Sibreh tersebut merupakan harapan dari para pedagang dan masyarakat Sibreh sendiri.
“Kami dari pihak dinas akan terus melakukan sosialisasi penambahan hari Pekan Sibreh, sehingga nantinya hari pekan minggu dimana pengunjung dan para pedagangnya bisa menyamai pekan rabu,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Forum Masyarakat Sibreh (Formasi), Muhibuddin Ibrahim yang akrab disapa Ucok Sibreh mengucapkan bangga dan terima kasih kepada Pemerintah yang telah mengizinkan penambahan satu hari lagi hari pekan di pasar Sibreh.

“Pasar Sibreh merupakan pasar yang bersejarah, sudah dikenal sejak dulu, bisa menjadi tempat ajang silaturahmi hingga menjadi tempat transaksi pertumbuhan ekonomi, ” terang Muhibuddin.
Muhibuddin Ibrahim yang juga Ketua Komisi V DPRK Aceh Besar mengharapkan agar pasar-pasar yang ada dapat direncanakan penataan kembali, termasuk Pasar Sibreh. “Agar masyarakat dan pedagang lebih nyaman dan senang ke pasar,” ujarnya.

Dalam peluncuran itu, turut dihadiri Plt Sekdakab Aceh Besar Abdullah SSos, Asisten Setdakab, para kepala OPD, Muspika Suka Makmur, Anggota DPRK Muhibuddin Ibrahim, Juanda Jamal, Mursalin, dan tokoh masyarakat serta para pedangan di Pasar Sibreh.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *