FIM Adakan Sosialisasi Daur Ulang Kertas

oleh -279 kali dilihat

ACEHWOW.COM| Banda Aceh – Tau gak sih? Data yang dihimpun oleh Good New menyebutkan bahwa sejumlah sampah kertas di Indonesia per-hari mencapai 17 ribu ton? Artinya, Konsumsi kertas di Indonesia masih sangat tinggi. Dan hal ini harus diimbangi dengan daur ulang.

Alasan kenapa tidak dibakar saja? Ialah jika kertas dibuang tanpa didaur ulang, kertas akan terurai secara anaerob dan menghasilkan gas metana. Seperti kita ketahui bersama, gas metana dapat berdampak pada pemanasan global. Jika dibandingkan dengan gas karbondioksida, gas metana 20 kali lipat lebih besar dalam meningkatkan suhu bumi.

Dalam hal ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Forum Indonesia Muda (FIM) Aceh, menggelar Kegiatan Sosialilasi Daur Ulang Kertas yang bertema “paper 10”. Bertempat di Rumah Yatim, Lampriet Banda Aceh. Pada Minggu, (22/4/2018).

Ketua tim paper 101 Ilham mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, anak-anak turut andil dalam proses pengolahan sampah kertas. Yang kemudian akan di kreasikan kembali menjadi benda yang bernilai seni.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan serta meningktkan kreatifitas anak-anak. selain kita telah berkontribusi menjaga bumi lebih sehat, kita juga dapat ikut andil dalam mewujudkan Indonesia hemat energi tahun 2045. Karena tanggung jawab menjaga bumi adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya segelintir orang,”. ujar Iham

Untuk pengolahan sampah kertas itu, bubur kertas yang sudah terlebih dulu direndam selama satu malam, di haluskan menggunakan blender Dan di campur air lebih banyak Dari bubur nya. Setelah semua bubur dihaluskan, kembali ditambahkan air sebanyak sepertiga Dari jumlah bubur. Dan masuk ke proses penyaringan Dan pengeringan. []

Rayyan Sofyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *