Lima Guru Terbaik Wakili Aceh di OGN Tingkat Nasional 2019

oleh

ACEHWOW.COM- Lima guru SMA/SMK/SLB dari Aceh bersama 135 guru se-Indonesia ditetapkan sebagai finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2019 jenjang SMA/SMK/SLB oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud RI.

Kelima guru SMA/SMK/SLB Provinsi Aceh yang menjadi finalis OGN 2019, atas nama Sri Warzukni, S.Si guru bidang studi Biologi (SMAN 2 Lhokseumawe), Haniatun, SE guru Ekonomi (SMAN 1 Tapaktuan), dan Safrizal S.Sos guru Sosiologi (SMAN 1 Langsa).

Kemudian, Honesty Teunomvira SS guru Bahasa Jepang (SMAN 1 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang) dan Nurlinawati, SE, S.Pd, guru Program Kebutuhan Khusus (SLB Cinta Mandiri, Kota Lhokseumawe).

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, secara khusus mengapresiasi prestasi yang ditorehkan guru jenjang SMA sederajat tersebut. Ia berharap para finalis itu bisa menjuarai even tahunan tersebut hingga tingkat nasional nanti.

“Jumlah guru yang menjadi finalis OGN dari Provinsi Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun, ini membuktikan mutu dan kualitas guru di Aceh juga terus meningkat. Mereka telah mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia”, ujar Syaridin kepada wartawan, Senin (15/4/2019) di Banda Aceh.

Syaridin memaparkan jika tahun lalu, Aceh hanya mampu meloloskan 3 orang guru ke OGN tingkat Nasional, maka tahun ini bertambah menjadi 5 orang guru yang lolos.

Secara nasional, lanjutnya, jumlah finalis dari Provinsi Aceh berada pada peringkat ke 7 dari 34 Provinsi di Indonesia.

“Aceh dan Riau sama-sama berhasil mengirimkan sebanyak 5 orang guru finalis OGN tingkat Nasional 2019. Ini merupakan jumlah finalis terbanyak yang pernah dikirimkan pada ajang ini,” jelasnya.

“Kepada para finalis OGN dari Aceh untuk dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin, agar mampu tampil maksimal pada saat dilakukan tes di tingkat nasional serta dapat mengharumkan nama Aceh dikancah nasional,” harapnya.

Kadisdik Aceh menjelaskan para finalis tersebut akan mengikuti final OGN 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 April hingga 3 Mei 2019 bertempat di Jakarta.

Selanjutnya, pada seleksi tingkat Nasional, Kemdikbud telah mempersiapkan serangkaian tes bagi seluruh finalis, antara lain tes tertulis, workshop/praktik mengajar, presentasi, penilaian gagasan ilmiah dan penilaian karya tulis/hak paten/hak cipta terbaik.

Sebelumnya, Kemdikbud RI melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah memilih sebanyak 15 finalis peraih nilai tertinggi dari masing-masing bidang studi melalui ujian online yang di selenggarakan di tingkat provinsi.

Adapun masing-masing bidang studi yang dilombakan pada tahun ini, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Jepang, dan Program Kebutuhan Khusus/SLB. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *