MAN 3 Banda Aceh Lauching Program Keterampilan Plus bagi Siswa

oleh -106 kali dilihat

FOTO: Dari kiri ke kanan, Komite MAN 3 Prof Farid Wajidi Ibrahim, Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal Muhammad, Kakanwil Kemenag Kota Banda Aceh H Asy’ari, M.Si dan Kepala MAN 3 Muzakkar Usman, S.Ag, M.Pd secara bersama memukul Rapa’I dabus, pada srimoni pembukaan, atau Lauching Madrasah Aliyah Rukoh Plus Keterampilan bagi siswa dan siswi MAN3 Rukoh, Darussalam-Banda Aceh, Selasa (06/10/2020) pagi di sekolah tersebut.
ACEHWOW.COM-Kepala Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Dr H Iqbal Muhammad, S.Ag,M.Ag membuka “selubung papan nama” Keterampilan Plus siswa MAN 3 Rukoh Darussalam, Banda Aceh, atau Lauching Madrasah Aliyah Rukoh Plus Keterampilan siswa dan siswi sekolah, di halaman utama sekolah dimaksud, Selasa (06/10/2020) pagi.
Dalam kegiatan serimoni yang berlangsung meriah tersebut, juga menerapkan protokol kesehatan akivat dalam suasana pandemi Covod-19.
Kakanwil Dr Iqbal Muhammad menuturkan, “Madrasah program Keterampilan merupakan ikhtiar atau program pemerintah, guna membekali kecakapan hidup, serta life skill para lulusan Madrasah nantinya, sehingga siap memasuki dunia kerja, sebagaimana skil, keahlian dan ketrampilan semasa melakukan praktek saat masih di MAN.
selain itu, tujuan pemerintah pengembangan plus ketrampilan, diluar kurikulum akademik adalah, diharapkan mampu menyelenggarakan, mengembangkan ketrampilan dan skil siswa kedepannya.
Seperti ketrampilan bidang bengkel otomatif, teknik sepeda motor, bidang komputer, elektronik komunikasi, tata busana, tata boga, pertanian, perikanan, desain grafis, teknik setingan serta ketrampilan siswa- siswi lainnya yang dapat dikembangkan, pinta Kakanwil H Iqbal, yang juga alumni UIN Ar-Raniry dimaksud.
“Kreatif tersebut kedepan akan dikembangkan juga di Pesantren dan Dayah-Dayah terpadu, sehingga dapat menghilangkan asumsi, ‘yang bahwa alumni dayah bukan hanya sekedar menjadi ustazd dan ustazah, guru ngaji di desa serta pembaca doa waktu ada tahlilan”.
Asumsi tersebut kedepan dapat dihilangkan, setelah alumni dayah memiliki skil dan kewirahusahaan mandiri, hasil dari didikan dan pengembangan saat menjadi santri, harap Kakanwil Kemenag Aceh muda tetsebut.
Sembari menuturkan, meskipun masih belum mencukupi, bagi MAN yang telah menerapkan program plus keterampilan tersebut, mulai tahun 2021 sudah dianggarkan anggaran untuk program dimaksud.
Di Aceh sendiri, selain MAN3 Banda Aceh, program yang sama mulai diterapkan oleh MAN1 Kota Langsa, MAN1 Aceh Utara serta MAS Seunudon juga di Kabupaten Aceh Utara, tutup Dr Iqbal yang juga pernah menjadi pengurus harian BKPRMI Aceh.
Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 3, Muzakkar Usman, S.Ag M.Pd dikesempatan yang sama melaporkan, program tersebut sudah dijalankan sejak tahun 2015, dan insya Allah telah dipatenkan usaha dan kreatif siswa bidang praktek menjahit, usaha bengkel las serta aktifitas lainnya yang tidak mengikat.
Bahkan beberapa alumni MAN3 sudah membuka usaha mandiri, hasil praktek dari menjahit dan bengkel las, yang juga terletak di lingkungan sekolah MAN tersebut.
Kepsek Muzakkar Usman juga mengatakan, meskipun sekolah yang dipimpinnya dibawah Kemenag Kota Banda Aceh, diluar Aceh Besar dan Banda Aceh, siswa dan siswinya sekarang juga, ada yang berasal dari sejumlah Kabupaten/kota lainnya.
Sebagai Mandrasah Aliyah Negeri unggul, tentu minat lulusan SMP dan MTsN sederajat yang mendaftar di MAN3 tiap tahun ajaran baru sangat tinggi, ujar Muzakkar, yang
juga Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) UIN Ar-Raniry dimaksud, mengakui juga MAN3 memiliki keunggulan dibidang olahraga dan seni lainnya, diluar prestasi akademik siswa.
Kegiatan Lauching “srimonial” yang dimeriahkan oleh sanggar seni Kupula MAN dimaksud, juga ikut memberi kata sambutan Komite Sekolah Prof Dr H Farid Wajidi Ibrahim, MA.
Serta hadir Kakanwil Kemenag Kota Banda Aceh dan jajarannya, Kabag Tata Usaha Kemenag Provinsi serta jajarannya, beberapa mantan kepala Sekolah dan Guru MAN3, sejumlah Kepala Sekolah lainnya serta seratusan tamu undangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *