Maporina Aceh Kembangkan Penggunaan Pupuk Organik

oleh -60 kali dilihat

ACEHWOW.COM- Masyakat Pertanian Organik Indoensia ( Maporina) Cabang Provinsi Aceh terus melakukan program bidang pertanian untuk pengembangan pupuk organik.

Ketua Maporina Aceh A.Rahman M.KP mengatakan kehadiran Maporina di Aceh selain untuk membantu para petani dalam menggunakan pupuk organik secara benar, juga menjaga lahan dan lingkungan tetap sehat dan bersih.

‘Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat petani, karena disamping tidak terkontaminasi zat zat kimia, juga lingkungan di area persawahan tetap sehat dan bersih, ‘ ujar A.Rahman M.KP kepada media, Rabu (11/11) di Banda Aceh.

‘Saat ini kita sudah melakukan percontohan di persawahan Cot Krueng Aceh Besar, nantinya akan kita kembangkan juga di wilayah Pidie, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Selatan, ‘ ujar A.Rahman yang alumnus S2 Ketahanan Pangan IPB ini.

Selain itu Maporina memberikan pelatihan kepada para petani untuk membuat pupuk kompos menjadi organik secara benar dan efisien, sehingga para petani bisa menambah pendapatannya.

“Maporina selain itu terus melakukan kerjasama baik dengan pemerintah, Perguruan tinggi, dan pihak swasta ‘ ujar A.Rahman.

Sementara Sekretaris Maporina Aceh, Ramadhana Lubia mengatakan dengan kehadiran Organisasi nirlaba ini di Aceh bisa membantu pemerintah daerah di sektor pertanian.

‘Ketergantungan kepada pupuk subsidi dan pestisida dari zat zat kimia bisa dikurangi, sehinga pandan lingkungan tetap terjaga,’ ujar Ramadhana Lubis yang juga mantan anggota DPRA. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *