MPU Aceh, Sosialisasi 7 Fatwa di Bener Meriah

oleh -31 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, laksanakan kegiatan Sosialisasi 7 Fatwa di Kabupaten Beuner Meriah, yang berlangsung, tanggal 4 Maret 2019 lalu, di Aula MPU kabupaten setempat, dan diikuti 100 peserta dari Kabupaten dan Kota,diantaranya unsur Tokoh Ulama, Anggota MPU Kabupaten dan Koto, serta diterangkan oleh dua pemateri.
Diantaranya Ketua MPU Aceh sendiri, Prof Dr, Tgk H. Muslim Ibrahim, MA dan Akademisi dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Tgk H Muhibbuthabari, M. Ag.
Menurut Tgk H Muslim Ibrahim, sosialisasi secara luas dan umum tersebut dilaksanakan sebagai upaya MPU Aceh, “agar dapat menerangi masyarakat mengerti tentang keputusan-keputusan yang telah difatwakan oleh MPU Aceh”.
Secara kusus juga memberikan pemahaman dan pencerahan hukum Islam bagi warga.
Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnnya penerapan hukum islam, selanjutnya memenuhi kebutuhan hukum masyarakat dalam kehidupan keseharian, serta mendorong juga mewujudkan masyarakat agar taat, serta patuh terhadap hukum Islam, pintanya.
Sementara pemateri kedua, Dr Muhibbuthabari dalam kesempatan yang sama hari itu menegaskan, pentingnnya masyarakat dalam mengetahui hukum Islam secara kaffah (menyeluruh), sehingga tidak salah dalam memgambil keputusan, apalagi bagi pejabat negara, Umara, tokoh masyarakat, apalagi Ulama, pintanya.
Sosialisasi yang berlangsung sehari penuh di Aula MPU Pondok Baru Beuner Meriah tersebut, yang intinya dibahas oleh 100 peserta.
Ialah, Fatwa MPU Aceh nomor 5 tahun 2011 tentang memelihara kemuliaan islam, Fatwa nomor 12 tahun 2013 tentang seni budaya, hiburan dan kegiatan hiburan lainya dalam pandangan Syariat Islam.
Selanjutnya yang dibahas Fatwa nomor 1 tahun 2016 tentang judi online, Fatwa nomor 2 tahun 2018 tentang hukum “Kebiri” bagi pelaku prostitusi.
Disisi lain peserta juga “memutakhirkan” (membenarkan) Fatwa nomor 3 tahun 2018 tentang penetapan arah kiblat, Fatwa nomor 4 tahun 2018 juga dibahas, yang mengcakup tentang BITCOIN dalam Muamalat menurut Fiqh.
Yang terakhir Fatwa MPU Aceh dalam kegiatan tersebut adalah, “keputusan” nomor 6 tahun 2018 tentang penyebaran berita bohong (hoax) dan dampaknya.
Diharapkan juga usai kegiatan sosialisasi dimaksud, “peserta dapat menjelaskan dan menerapkan didaerah masing-masing juga secara luas nantinya, tukas kepala MPU Aceh Tgk H Muslim Ibrahim singkat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *