Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik Masih Rendah

oleh -433 kali dilihat
Foto ilustrasi pemakaian bahasa asing di ruang publik

 

ACEHWOW.COM- Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar prihatin karena penggunaan bahasa yang benar baik diruang publik, perhotelan dan perkantoran masih sangat rendah.
“Kami prihatin karena pemakaian bahasa Indonesia yang benar di tempat tempat umum belum sepenuhnya digunakan,” ujar Dadang Sunendar pada kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Media Massa, Selasa (14/8) di Hotel Madinah.
Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, penggunaan bahasa Indonesia di rublik wajib digunakan, namun banyak yang belum mengetahui masalah itu.
” Kami sangat mengharapkan peran media massa untuk menyampaikan ke masyarakat bagaimana caranya menggunakan bahasa yang benar,” harap Dadang.

Dadang mengatakan, fenomena ruang publik saat ini yang banyak menggunakan bahasa asing, sangat bertentangan dengan Undang-Undang. “Bukan berarti bahasa asing tidak boleh tetapi bahasa Indonesia diutamakan.

Ada anggapan kalau memakai bahasa asing terkesan lebih elit, itu salah besar, semakin banyak kita memakai istilah istilah asing itu tandanya kita gagal dalam mencerdaskan dalam berbahasa yang benar, ujarnya.
Ditambahkan Dadang saat ini kita sudah punya lembaga Bahasa Indonesia di 45 negara untuk untuk memperkenalkan bahasa Indonesia di luar negeri”, ungkap Dadang.(**)

Editor: Fuddin M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *