Tampil “Menawan”, Dua Lifter Aceh Sumbang 6 Emas, Hari Kelima Kejurnas

oleh -22 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Peforma apik diperlihatkan dua Lifter PABBSI Aceh, pada hari ke-5 ajang Kejurnas, dimana M Zul Ilmi dan Nurul Akmal yang berhasil meraih 6 keping mendali emas, sekaligus menggenapkan mendali buah bibir tersebut menjadi 9 keping, sehari sebelum Kejurnas yang juaga ajang Pra PON dimaksud berakhir.

Capaian positif pada even Kejurnas angkat besi, angkat berat dan binaraga dimakaud, setelah dua lifter meraih enam medali emas dalam pertarungan Kamis petang, (22/08/2019) di GOR Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Kejurnas yang juga ajang Pra PON dan Seleknas SEA Games tersebut berlangsung 18 – 24 Agustus 2019.

Masing-masing 6 Emas yang Dipersembahkan Liter Aceh adalah, dari M Zul Ilmi, yang turun dikelas 96 kilogram dan Nurul Akmal kelas plus 87 Kg, yang masing -masing mempersembahkan tiga medali emas di angkatan snath, clean and jerk dan total angkatan.

Tambahan enam medali emas di hari ke lima Kejurnas sekaligus ajang Pra PON dan Seleknas SEA ini Games yang berlangsung 18 – 24 Agustus 2019, Aceh sudah meraup 9 medali emas dan satu perak.

Tiga medali emas sebelumnya dipersembahkan Surahmat kelas 56 Kg dan satu medali perak diraih atlet binaraga, Andryanto.

Capaian sementara 9 emas dan satu medali perak, Aceh juga telah meloloskan tiga atlet ke PON XX/2020 di Papua dengan prestasi peringkat terbaik meraih medali yaitu Andryanto (binaraga), M Zul Ilmi dan Nurul Akmal (angkat besi).

Sedangkan Surahmat kelas 56 Kg hanya lolos Seleksi Nasional (Seleknas) mewakili Indonesia di SEA Games Manila, Oktober mendatang. Di PON Papua kelas andalan Aceh ini tidak dipertandingkan.

Sementara, M Zul Ilmi meraih tiga medali emas setelah sukses mengangkat barbel snath 147 Kg, clean and jerk 181 dan angkatan total 328 Kg.

Zul Ilmi menyisihkan lifter Lampung Roy Samsul Bahri yang hanya mampu mengangkat barbel di snath 141 Kg yang harus puas medali perak, dua perunggu clean and jerk 173 Kg, total 314 Kg.

Melampui lifter Jawa Timur, Sofyan Listianto yang meraih perak di clean and jerk 178 Kg, total 318, medali perunggu di angkatan snath 140 Kg.

Ratu barbel Aceh, Nurul Akmal dikelasnya setelah mengangkat snath 215 Kg, clean and jerk 135 Kg dan angkatan total 350 Kg. Ia menyisihkan Riska Oktaviana, Wuri Asmaul H dari Kalimantan Barat dan Jihan Safitri (Jambi).

Ketua Umum Pengprov PABBSI Aceh, T Rayuan Sukma yang menghubungi wartawan melalui whatsaApp (WA) dari Bandung, Kamis sore menyatakan, prestasi M Zul Ilmi luar biasa, selain meraih sekaligus tiga medali emas, angkatannya juga terpaut jauh dari rivalnya.

Sebutnya, Zul Ilmi yang kini menjadi penambah tradisi prestasi medali emas Surahmat dan Nurul Akmal, juga menebus kegagalannya lolos PON XIX/2016 di Jawa Barat, yang waktu itu di Pra PON angkatannya hanya kurang satu kilogram.

Begitu juga, kata Rayuan, Nurul seperti tak ingin lepas sekeping medali emas pun. Mengikuti jejak Zul Ilmi, dengan mengundang decak kagum penonton melampui angkatan rival sekaligus meraih tiga emas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *