WOW, “Batu Loncatan”, Unsyiah Gelar Kejuaraan Catur ‘Berlabel’ Internasional

oleh -100 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Beberapa tahun belakangan ini Unsyiah giat menggelar kejuaraan olahraga catur, tingkat daerah, nasional (Mahasiswa dan umum) serta regionl terbatas, tapi sekarang tidak hanya sekelas even tersebut, dimana tiga hari kedepan, Kampus umum nomor satu di Aceh tersebut, segera gelar kejuaraan catur ‘berlabel’ Internasional (dunia), “sebagai batu loncatan tinggi yang harus didukung oleh pecinta olahraga catur dan masyarakat secara umum.

Menurut panitia, Event catur international berlebel “Unsyiah International Chess Championship”, dinyatakan siap digelar, pada venue Geulanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim, Darussalam-Banda Aceh, dari tanggal 6 hingga 7 Agustus 2019.

Para pecatur international yang akan mengikuti kejuaraan paling bergengsi dan pertama digelar di Provinsi Aceh ini dipastikan akan berdatangan di Banda Aceh, melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (5/8).

Koordinator program Kejuaraan Catur International Unsyiah, Dian Maulana kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (2/8) malam menyatakan, Panitia sudah siap untuk menggelar event catur international, juga pembukaannya sekaligus, Selasa (6/8),”hanya tinggal persiapan penyelesaian akhir saja jelang tiga hari berlangsung even dimaksud.

Selain itu, dalam memastikan kesiapan, sebutnya, panitia telah melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Dr drh Mustafa Sabri, M.P beserta pimpinan lainnya, Jumat pagi kemarin.

Hasilnya, memutuskan beberapa hal menyangkut persiapan secara umum, diantaranya venue (lokasi) pertandingan di Gelanggang Mahasiswa Prof. Dr. A. Madjid Ibrahim dan penginapan peserta di Mess Unsyiah, termasuk program keliling kota (tour city) oleh organizing commitee.

Kecuali itu, sebut Sarjana Ilmu Politik Alumni Unsyiah dimaksud, kejuaraan international tersebut melibatkan perangkat pertandingan atau wasit dari Malaysia dan beberapa wasit nasional dari Indonesia, untuk memimpin pertandingan.

Dijelaskannya, kejuaraan catur international ini mempertandingkan kategori tim, individu, bughouse rapid (catur cepat) dan blitz (catur kilat).
Intinya, “evek dimaksud siap digelar”, ujar Dian Maulana.

Wasit nasional pratama ini juga mengatakan, event yang menghadirkan para pecatur IIUM Malaysia ini akan bertanding dengan para pecatur Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Para pecatur dari IIUM Malaysia dipastikan akan tiba di Banda Aceh, Senin (5/8) melalui Bandara SIM. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *