Anggota Komisi III DPR RI minta Kemenkumham Aceh Tambah Fasilitas Lapas Calang

oleh -29 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Anggota Komisi III DPR RI asal Aceh, Nazaruddin Dek Gam yang baru saja melakukan reses kewilayah barat selatan Aceh, melihat masih banyak ketimpangan program pembangunan di Kabupaten dua zona dimaksud, terutama kesiapan dan fasilitas di Lembaga Permasyatakatan (Lapas), seperti Lapas di Calang, Kabupaten Aceh Jaya.
Persoalan dan kekurangan dimaksud, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) “Dek Gam” mengharapkan Kanwil Kemenkumham (Kemenkumham) Aceh secepatnya melihat, mengevaluasi, menindaklanjuti serta memberi perhatian khusus terhadap Lapas di Pantai Barat selatan Aceh, khususnya di Aceh Jaya.
“Kalau penjara (lapas) Calang memang banyak permasalahan, mulai dari bangunan kantor, fasilitas dalam lapas, hingga bagunan pagar kurang safety (tidak cukup kapasitas), ini perlu ada perhatian khusus,” tambah Nazaruddin, sebagaimana kiriman rilisnya, yang diterima ACEHWOW. COM Online
Selasa (9/6/2020) siang.
Sembari menambahkan, yang mengembirakan kondisi dan pelayanan dalam tahanan sendiri, kata Dek Gam yang juga hasil diskusi dengan beberapa tahanan dikesempatan tersebut sudah sangat bagus, mungkin perlu beberapa perbaikan, seperti bangunan fisik dan penambahan aktifitas positif bagi penghuni lapas sehingga semakin bagus.
Reses ke wilayah pantai barat selatan Aceh, seperti Aceh Barat dan Aceh Jaya juga
dalam kunjungan kerja tersebut, Dek Gam–sapaan Nazaruddin–mengunjungi mitra kerja komisi 3, mulai Kepolisian, Kejaksaan dan Lapas.
Dimana mendapatkan sejumlah catatan yang akan disampaikan dalam rapat setelah reses di Parlemen DPR RI sepulang dari Aceh, dalam artian catatan tersebut diterima mulai dari kepolisian, kejaksaan dan pihak lapas itu sendiri.
Misalnya saat berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Calang, Kabupaten Aceh Jaya, dirinya menemukan sejumlah permasalah, mulai dari fasilitas kantor hingga kondisi lapas.
Ditekankan lagi,
catatan yang sudah saya terima ini akan saya sampaikan ketika rapat kerja dengan mitra komisi 3 dan semua bisa terakomodir nanti di Senanyan (Gedung DPR RI)
Selain persolan Lapas, dalam reses tersebut Dek Gam juga mendapatkan laporan kondisi Lapas Kelas II B Meulaboh terkait dengan kondisi air bersih. Dirinya juga sudah meminta kepada Kalapas untuk membuat laporan agar bisa dicarikan solusi.
Sementara Lapas di Aceh Barat, Meulaboh hanya masalah air bersih saja, sedangkan kondisi lainnya sudah sangat bagus.
Untuk sementara, Dek Gam baru mengunjungi dua kabupaten dalam reses tersebut, kedepan dirinya akan mengunjungi seluruh mitra kerja yang ada di daerah dapil I Aceh, janji Dek Gam yang juga “presiden” tim Liga1 Persiraja Banda Aceh.
“Biar mudah, peretem dikunjungi, hingga bergiliran seluruh Kabupaten dan pelosok gampong dalam dapil satu untuk DPR RI Aceh, “artinya seluruh dapil pemilihan saya saat Pemilu Legislatif April tahun lalu bergiliran di kunjungi.
Meskipun tidak sampai kelokasi seluruhnya, namun laporan dari daerah-daerah selalu saya terima,” tutup bendahara Fraksi PAN DPR RI tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *