DPD RI Wacanakan RUU Daerah Otonomi Baru

oleh -12 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Pimpinan Komite I DPD RI H. Fachrul Razi, MIP yang juga ketua Timja DOB mewacanakan akan melahirkan Rancangan Undangan Undang (RUU) Daerah Otonomi Baru (DOB).
Demikian disampaikan dalam rapat audiensi Forkonas CDOB, (Forum Kordinasi Calon Daerah Otonomi Baru) bersama Komite I DPD RI, dipimpin Wakil Ketua Komite I yang juga Senator asal Aceh, H. Fachrul Razi MIP di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta kemarin.

Fachrul Razi mengatakan, DPD RI telah mengirimkan surat kepada Presiden RI berkaitan penandatanganan PP Detada dan Disertada namun hingga saat ini tidak direspon sama sekali. “Ini penghinaan bagi lembaga negara DPD RI, bahkan PP Detada dan Desertada yang merupakan perintah UU No 23 tahun 2014, sudah 6 tahun tidak ditandatangani,” tegasnya.

Dirinya mewacanakan RUU DOB Pembentukan, Pemekaran dan Penggabungan Daerah harus dilahirkan untuk mengantisipasi lamanya PP detada dan Desertada yang tak kunjung ditandatangani. “Pemerintah terlalu ‘PHP’ terhadap daerah, berapa yang negara habis hanya menunggu PP yang tidak kunjung selesai,” terang senator Fachrul Razi, seperti dikutip ‘online’ ini lewat rilisnya, Kamis (13/02) siang.

Dalam rapat lanjutan tersebut, Pengurus Forum Komunikasi Nasional Calon Daerah Otonomi Baru ini hadir menyampaikan beberapa langkah strategis yang akan mereka ambil tahun ini. Termasuk dalam waktu dekat akan Mengadakan MUNAS (Musyawarah Nasional) pemilihan Ketua Baru di Jakarta.

Sekjen Forkonas CDOB, Abdurrahman Sang, S.Sos, menyampaikan rasa prihatin atas sikap Pemerintah Pusat yang abai atas aspirasi mereka. Termasuk mengabaikan Surat Paripurna DPD RI. Bagi Mereka, Pemerintah telah melecehkan Institusi Negara DPD RI.

Dilain sisi, Senator Fachrul Razi mengungkapkan bahwa ia selaku ketua Timja DOB berencana akan membentuk Pansus DOB dan menggagas lahirnya RUU DOB sebagai langkah Alternatif. “Habis Energi Kita menunggu ditanda tanganinya PP Detada & Desertada “ tutup Fachrul Razi singkat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *