Ini Cara Pengolahan Pisang Sale Khas Aceh

oleh -859 kali dilihat
Foto : Mariza Oktaviana/Acehwow.com

ACEHWOW.COM|Banda Aceh – Ciri khas makanan Aceh terletak pada makanannya dengan pengolahannya yang unik, seperti pisang sale yang proses pengolahannya dengan teknik pengasapan. Red Golden adalah satu dari sekian banyak pabrik pengolahan pisang sale sebelum dipasarkan.

Home industri ini menggunakan pisang wak (Musa Acuminata) yang matang dipohon dan diproses alami dengan cara tradisional, terletak di Gampong Deah Rawa, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Mau tahu bagaimana cara pengolahan pisang sale Red Golden? Berikut adalah cara pengolahannya.

  1. Pisang Yang Matang Menjadi Pilihan
Puluhan Tandan Pisang

Pisang yang digunakan adalah pisang yang matang dan tidak kelat. Hal ini bertujuan ketika proses pengasapan, pisang yang dipilih menjadi cepat masak dan tidak keras ketika dipipihkan.

  1. Menghabiskan Puluhan Tandan Pisang
Tandan Pisang

Setiap harinya para pekerja yang mengurus proses pemasakan pisang sale, akan menghabiskan kurang lebih 50 tandan pisang yang sudah masak. Kulit pisang yang tak terpakai biasanya diberikan kepada hewan ternak oleh pekerja, agar menghindari sampah terbuang percuma.

  1. Proses Pengasapan Menentukan Segalanya
Pisang Sedang diasapkan

Bang Ishak adalah ketua yang mengontrol para pekerja di pabrik ini. Ia mengatakan bahwa setelah dikupas pisang dari kulitnya, kemudian pisang ditata dengan rapi diatas bara api yang jaraknya dengan pisang kurang lebih 2 meter. “hal ini bertujuan untuk mendapatkan pengasapan yang pas dan tidak terlalu hangus.” Ujarnya.

Setelah proses pengasapan, saat pisang yang sudah berubah warna menjadi coklat, pisang didinginkan disatu tempat untuk kemudian dipipihkan.

  1. Dipipihkan Agar Menyatu Semua
Proses Pemipihan

Setelah dingin pisang yang sudah matang kemudian dibawa ke pondok khusus pemipihan. Dipondok ini, ada pekerja sekitaran tiga orang yang memipihkan pisang ini hingga kemudian dijemur. Pemipihan ini diawali dengan mengoles mentega diatas plastik yang akan dijadikan alas pisang sale, dan kemudian sebelum dipipihkan, pisang sale ditutup kembali dengan plastik, baru selanjutnya pisang sale dipipihkan dengan cara dipukul menggunakan kayu khusus adonan.

Setelah pisang sale dipipihkan, kemudian pisang di letakkan diatas kayu penjemur khusus sampai kemudian kering dan tidak terlalu lengket lagi.

5. Penjemuran Harus Sempurna

Proses Penjemuran

Penjemuran dilakukan setelah pisang sale dipipihkan. Pisang dijemur sampai benar – benar kering. Baru setelah itu akan digoreng diminyak panas untuk mendapatkan hasil yang renyah, dan tahan lama.

  1. Proses Pengemasan
Sumber Foto : HikayatAceh.com

Proses pengemasan dilakukan dengan hati – hati, guna menghindari masuknya udara kedalam kemasan pisang sale kering ini. Dengan kemasan kedap udara membuat pisang sale dapat bertahan berbulan – bulan lamanya. Bang Ishak mengatakan bahwa perbungkusnya, pisang sale ini berkisar antara Rp.10.000 – Rp.15.000, dan apabila pembelian perkilo-nya, adalah Rp.40.000/kg. (Mariza Oktaviana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *