JTMI FT – USK Gelar Pelatihan Daring Libatkan Alumni luar Negeri

oleh -76 kali dilihat

ACEHWOW-BANDA ACEH, Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT-USK) menggelar Training Basic Vibration for Rotating Machine pada tanggal 22 Januari 2021 secara daring atau online.

Pemateri pada training kali ini adalah salah satu alumni Teknik Mesin USK angkatan 1988 Rusnir Charim, ST yang bekerja pada salah satu perusahaan Petrokimia di Luar Negeri. Menurut beliau, salah satu problem pada industri-industri proses seperti gas dan oil, petrokimia, dll adalah berhentinya proses di plant karena kerusakan pada mesin produksinya.

Hal ini dapat dihindari dengan melakukan condition monitoring pada mesin yaitu dengan melakukan pengecekan vibrasi secara berkala.

“Tujuan training ini untuk memberikan masukan dan gambaran kerja yang akan dilakukan jika nantinya mahasiswa yang sudah tamat kuliah dan bekerja di bagian condition monitoring team untuk permesinan yg ada di oil dan gas atau perusahaan petrochemical”, ujar Rusnir Charim,ST sering disapa Bang Ayoek, Alumni FT-USK 88.

Ketua JTMI FT-USK Dr. Irwansyah, ST, M.Eng menyambut baik kegiatan pelatihan ini, selain sebagai wadah silaturrahmi antar alumni dan mahasiswa serta dosen-dosen, kegiatan ini juga diharapkan dapat menggali kompetensi dan penguatan ilmu rekayasa terbaru terutama di dalam bidang monitoring kondisi peralatan produksi di Industri. Walau training ini dilakukan dengan metode daring, harapannya seluruh peserta dapat mengikuti training ini dengan baik dan berkelanjutan (karena ada season berikutnya).

Pada season awal kemarin, peserta yang hadir/mengikuti pelatihan sebanyak 50 orang lebih terdiri dari kalangan mahasiswa maupun para alumni Teknik Mesin. Harapannya adik-adik mahasiswa dapat terus mengikuti season selanjutnya dan bermanfaat pada saat terjun ke dunia kerja.

Pada kesempatan ini juga Ketua Alumni IKATM USK (Ikatan Kelurga Alumni Teknik Mesin) Ferry Suferilla, ST juga berharap bahwa dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, akan mendekatkan dan membangun hubungan yang akrab antar alumni dan adik-adik mahasiswa di Teknik Mesin USK.

Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM USK), Adil Rizki sangat senang atas sharing ilmu dari alumni dan juga senang melihat antusias peserta khususnya mahasiswa aceh yang terlibat aktif dalam training ini yang harapannya bisa menjadi bekal untuk mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja kedepannya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *