JTMI USK Latih Guru SMK Gunakan Teknologi Komputerisasi CAD

oleh -33 kali dilihat
ket: Pelatihan CAD bagi guru SMK, JTMI FT USK, 21/2. Foto:Ist

ACEHWOW.BANDA ACEH, Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FTUSK) menggelar Pelatihan Computer-Aided Design (CAD) Tingkat Lanjut dalam Rangka Penguatan Kemampuan Perancangan bagi Guru SMK dan Alumni. Kegiatan berlangsung pada tanggal 19 Februari sampai dengan 21 Februari 2021 di JTMI FTUSK.

Peningkatan pembangunan, terutama pengembangan produk, permesinan, industri, lainnya, menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung kegiatan tersebut. SDM yang terampil dalam perancangan dan pengembangan produk. Proses perancangan produk diindustri telah begeser secara signifikan dari yang awalnya mengandalkan teknologi konvensional ke penggunaan sistem yang berbasis teknologi komputer. Computer-aided Design (CAD) merupakan salah satu perangkat hasil perkembangan teknologi komputer yang berkontribusi nyata pada proses perencanaan, perancangan dan optimasi produk.

Sebanyak 20 Peserta hadir dan mengikuti pelatihan baik dari kalangan Guru SMK se Banda Aceh – Aceh Besar maupun dari Alumni Teknik Mesin. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan metode Luring atau tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Trainer pada pelatihan ini adalahnya salah seorang dosen senior di JTMI FTUSK yaitu Ir. Asbar Razali, MSME dan Amir Zaki Mubarak, ST, M.Sc.

Pada pembukaan Pelatihan, Wakil Dekan I Fakultas Teknik USK Dr. Iskandar, ST, M.Eng.Sc mengatakan bahwa pentingnya pembekalan perancangan mesin dengan menggunakan komputerisasi bagi alumni dan guru SMK untuk meningkatkan kompetensi dan berkompetisi di era revolusi industri 4.0. Harapannya membantu mewujudkan kemandirian tenaga terampil yang siap pakai untuk berkompetisi di bidang industri.

Beragam bentuk pelatihan baik formal maupun informal secara gencar terus digalakkan untuk memperbanyak tenaga terampil yang mampu mengoperasikan CAD. Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi juga sudah lama terlibat aktif dalam upaya mendidik sumber daya manusia yang memiliki kecakapan dan kompetensi dibidang CAD dengan memasukkan materi tersebut didalam kurikulum pembelajaran.

Pada kesempatan ini juga didamping oleh Ketua JTMI FTUSK. Menurut Ketua JTMI FTUSK Dr. Irwansyah, ST, M.Eng bahwa JTMI FTUSK tidak menutup mata dalam mengamati perkembangan teknologi CAD dan membantu kesiapan tenaga terampil. Diperlukan upaya yang berkelanjutan untuk memastikan jumlah tenaga terampil tersebut memenuhi permintaan yang dibutuhkan oleh industri. Untuk mendukung hal tersebut, telah dilaksanakan program pendampingan berupa pelatihan CAD tingkat dasar. Disamping itu, tenaga pendidik yang mentransfer keterampilan perlu juga mendapat perhatian untuk selalu mendapat pembekalan up-grading dibidang CAD mengingat perkembangan teknologi komputasi yang bergerak sangat dinamis.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat (salah satu tri dharma perguruan tinggi) kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM USK) yang bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Guru SMK untuk memperkuat kecakapan dan kompetensi dalam pengoperasian perangkat lunak CAD dalam hal ini Autodesk Inventor. Metode pelatihan yang akan dilaksanakan adalah melalui teori, praktek dan diskusi serta memberikan tugas kasus perancangan komponen mesin kepada peserta agar dapat mempraktekan materi yang telah disampaikan secara langsung.

Materi yang diberikan dalam pelatihan adalah pengenalan perangkat lunak Autodesk Inventor, menggambar sketsa 2D, menggambar komponen 3D, menggambar rangkaian komponen 3D dan membuat gambar kerja serta simulasi analisis dengan autodesk inventor(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *