Keunikan Pisang ‘Oen Mancang

oleh -842 kali dilihat
Pisang ‘Oen Mancang

ACEHWOW.COM, BANDA ACEH – Pisang daun (‘oen) Mancang merupakan salah satu dari jenis pisang goreng biasa. Tetapi dalam peracikan di buat sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat untuk di cicipi. Pisang daun (‘oen) terbuat dari pisang jenis raja sereh (pisang wak).

Dalam proses pembuatannya pisang goreng daun ini cukup berbeda dari pisang goreng biasa yang di goreng menggunakan pisang kapok. Pisang daun di belah tipis-tipis, dan biasanya dalam satu pisang bisa menjadi 5-6 bagian.

Pembuatan pisang daun tidak hanya sampai di situ, setelah pisang tersebut di belah tipis-tipis kemudian pisang di celupkan ke dalam adonan tepung yang telah diracik. Selanjutnya pisang tersebut di tempelkan pada daun mancang baru kemudian di goreng.

Setelah di masukkan kedalam minyak panas hingga setengah matang, daun mancang yang tadi menempel pada pisang di tarik menggunakan pencepit makanan. Hingga kemudian pisang daun (‘oen) mancang matang dan siap dinikmati.

Pisang ‘oen Mancang ketika ditiriskan

Pisang daun (‘oen) mempunyai bentuk yang unik dan cukup menggoda. Di mulai dari  rasanya yang begitu manis hingga kerenyahannya yang begitu menggiurkan. Pisang daun (‘oen) ini biasanya di jual Rp. 1000/ potong dan menjadi salah satu jajanan kesukaan warga.

Untuk area Banda Aceh, pisang ini bisa di jumpai di salah satu warung pisang goreng (Pisgor) Gaza yang beralamat di jalan. Lamgapang Sp. 7 Ulee kareng Banda Aceh. Karena penjual ditempat tersebut merupakan orang yang berasal dari Bireun dan hal ini juga yang membuat cita rasa khas dari kuliner khas Bireun ini sama dengan didaerah asalnya.

Asnawi selaku penjual menjelaskan bahwa pisang daun (‘oen) mancang menjadi salah satu jajanan yang paling dicari oleh pembeli, karena pisang ini sangat renyah. Bahkan penjualannya menghabiskan banyak pisang dalam sehari.

(Azik Fakhruni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *