Lakukan Ini Agar Mudah Menghafal Al-Quran

oleh -113 kali dilihat

Tujuan penciptaan manusia semata-mata agar menghambakan diri kepada Allah SWT, oleh karenanya Islam hadir dan dibangun atas lima fondasi: memberikan kesaksian tiada tuhan selain Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa pada bulan Ramadhan, dan menunaikan haji ke baitullah.

Al-quran hadir ditengah-tengah kehidupan manusia sebagai pedoman dan petunjuk hidup, selain membacanya, menghafal juga tidak kalah penting. Oleh karenanya Nabi Muhammad hadir sebagi pemberi pelajaran bagi umat manusia yaitu melalui Al-qur’an. Tidak hanya bagi siapa saja yang membacanya namun juga bagi siapa saja yang mengamalkannya atau mengajarkan kepada orang lain, dan siapa saja membaca satu huruf maka imbalan amal, satu amal saleh akan dilipat gandakan sepuluh kali lipat.

Tentu menghafal Al-Quran merupakan amal ibadah yang punya nilai tambahan tersendiri. Maka ada beberapa tips cara mudah menghafal bagi yang mengalami kesulitan:

Luruskan niat

Sifat manusia berbeda beda, ada yang awalnya menghafal kalamullah dengan terpaksa kemudian menjadi terbiasa, seperti yang kita lihat dipesantren- pesantren. Banyak dari kita mengeluh terhadap penghafalan kalamullah, namun seiring berjalannya waktu, perasaan tersebut dapat ternetralkan dengan menjadi kebiasaan, kemudian sudah menjadi hal wajib yang harus dijalankan sebagi umat manusia. Awal berat namun ketika niat dan keikhlasan mulai muncul dalam diri, semua akan terasa mudah.

Jangan lanjut ke ayat berikutnya, sebelum lancar

Salah satu cara menanamkan hafalan dalam benak adalah dengan sering mengulang dan mempertajam pada bacaan-bacaan yang belum lancar. Dengan demikain, akan mudah terekam dan tidak cepat hilang.

Lihat/baca arti agar mudah dipahami

Selain ayat Al-qur’an yang kita hafal, arti juga dapat kita hafalkan. Walaupun tidak keseluruhan namun itu sudah bisa menjadi awal pengingat ketika kita lupa terhadap bacaan arabnya.

Ingat awal ayat yang telah atau akan dihafal

Mengapa harus ingat diawal surat? Kita tahu bahwa kemampuan mengingat setiap orang berbeda-beda, paling tidak ketika mnghafal atau sudah terhafal kita sudah bisa mengingat ketika tahu awal ayat sehingga menjadi lancar dan untuk seterunya mudah.

 

Nah itulah beberapa tips bagi yang susah dalam menghafal, beberapa tips di atas bisa diaplikasikan, agar mempermudah dan mendukung proses penghafalan Al-qur’an. [Cut Santi Ala/Kyzar]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *