Meugang, Tradisi Unik Warga Aceh Menyambut Hari-Hari Besar Islam

oleh -488 kali dilihat
suasana pasar saat hari meugang tiba (sumber: tempo.co)

ACEHWOW.COM |  Banda Aceh –  Masyarakat Aceh memiliki beragam tradisi dan budaya yang unik. Meugang atau Makmeugang misalnya, merupakan Salah satu tradisi menyambut hari-hari besar islam, yaitu tradisi membeli daging, memasak, kemudian menyantapnya bersama keluarga.  Tradisi meugang ini di laksanakan setahun tiga kali, yakni  saat menyambut bulan suci ramadhan, Idul Adha, dan Idul Fitri.

Tradisi unik ini dirayakan secara turun-temurun pada satu atau dua hari menjelang masuknya hari besar Islam. Apalagi bulan ramadhan akan segera tiba, berbagai jenis daging seperti daging sapi, kerbau dan kambing menjadi incaran warga saat meugang. Tak hanya itu, daging ayam dan itik pun menjadi menu dalam tradisi meugang ini.

Bagi masyarakat Aceh, memasak daging sebagai menu utama pada saat meugang itu sudah ada sejak zaman dahulu. Tidak etis rasanya pada saat hari meugang menyambut anak, saudara, ayah dan keluarga besar lainnya untuk makan bersama tanpa ada hidangan daging meugang.

Biasanya pada pagi meugang masyarakat Aceh berbondong-bondong menyerbu lapak-lapak penjual daging yang khusus pada hari itu berjejeran  di sejumlah lokasi. Ruas jalan pun kerap macet karena warga berkerumun di meja-meja penjual daging. Suasana seperti ini sudah lumrah terjadi saat hari meugang tiba.

Aktivitas perekonomian di pasar-pasar tradisional aceh serta ruas-ruas jalan di sejumlah lokasi begitu ramai dipadati warga yang berbelanja aneka kebutuhan pokok untuk persiapan meugang.  Sebaliknya, perkantoran sepi di hari meugang.  Seluruh sekolah  juga di liburkan agar guru dan siswa bisa menikmati tradisi ini bersama  keluarganya. Orang yang merantau juga biasanya pulang ke kampung halaman,  agar dapat berkumpul dan menikmati hari meugang bersama keluarga masing- masing. Serta sekaligus untuk menyambut bulan suci ramadhan yang tidak lama lagi segera tiba. [Rahmat Firdaus / Lra]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *