Minat Baca Meningkat, 100 Murid SD Kota Jantho Kunjungi Perpustakaan

oleh -13 kali dilihat

ACEHWOW.COM- Fasilitas yang kian lengkap di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar rupanya juga mendorong minat baca kalangan para pelajar, Kamis (6/2/2020) siang, 100 siswa masing-masing 50 murid dari SD Cucum Kota Jantho dan 50 murid SD IOM Kota Jantho berkunjung ke perpustakaan yang berada di Kota Jantho.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Aceh Besar, Anita SKM MKes mengatakan, pihaknya senantiasa memberikan tambahan dan kenyamanan para pengunjung perpustakaan, khususnya para siswa sekolah dasar maupun TK sekitar ibu kota Aceh Besar untuk dijemput dan antar kembali ke sekolah menggunakan bus. “Program ini dalam upaya menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar. Kedepan jika memungkinkan akan kita perluas ke seluruh Aceh Besar,” ujarnya.

Anita menegaskan, layanan Perpustakaan di dinas yang dipimpinnya itu dibuka setiap hari kerja. Peminjaman buku untuk anggota perpustakaan dilayani dengan gratis. “Semua yang pinjam buku gratis, namun kami berharap buku-buku tersebut dapat dijaga dan dikembalikan tepat waktu,” tutur Anita.

Saat menerima kunjungan murid SD tersebut, Anita turut didampingi para Kabid dan pustakawan. Anita dalam sambutannya, mengharapkan kedepan anak-anak sekolah dan masyarakat umum, termotivasi untuk berkunjung ke Perpustakaan Disperpusip Aceh Besar.

“Saya selaku kepala dinas menyambut baik kedatangan para siswa yang pada hari ini berkunjung ke perpustakaan Aceh Besar,” tuturnya.

Seperti kita ketahui bersama perpustakaan merupakan gudang ilmu dan wawasan serta dengan membaca membuka jendela dunia. “Saya berharap kepada anak-anak tercinta yang pada hari ini telah sampai diperpustakaan ini untuk kedepan lebih sering lagi berkunjung ke perpustakaan.

Selain itu, perpustakaan manual untuk kemudahan akses juga kini sudah ada perpustakaan digital di Dinas Perpustakaan Aceh Besar yang tentunya agar para pembaca bisa melihat koleksi buku dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.

Disisi lain, Anita mengungkapkan bahwa program penyemputan para pelajar untuk mengunjungi perpustakaan, pihaknya dalam kunjungan para pelajar tersebut juga memberikan kupon hadiah.
Selain itu juga kupon juga diberikan satu bulan sekali kepada pelajar dan untuk masyarakat umum satu tahun sekali.

“Untuk hadiah motivasi ini kami di bantu oleh anggota DPRK dari Golkar,” ungkap Anita.

Salah seorang murid kelas VI SD Cucum Kota Jantho, Lidia Masturina sangat senang dapat berkunjung ke perpustakaan. “Kami semua bisa membaca berbagai buku ilmu pengetahuan, dan di sini lebih banyak buku-buku dibanding pustaka sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakan Disperpusip Aceh Besar, Asri SKM menambahkan bahwa respons yang sangat baik dari siswa SD menurutnya tidak lepas dari peranan guru pembimbing dan para pustakawan. Sebab, sejak awal Perpusatakaan terus memberikan inovasi dan gagasan baru, agar kunjungan dari berbagai kalanganpun terus bertambah.

Untuk meningkatkan kunjungan dan memanjakan para pembaca, saat ini Perpustakaan Disperpusip Aceh Besar memiliki 38.669 buku.

Jumlah tersebut terdiri dari buku agama 10.200, ilmu sosial 6.700, teknologi dan ilmu terapan 5.300, kesusastraan 5.169, MIPA 2.670, bahasa 2.325, filsafat dan psikologi 1.800, karya umum, kesenian hiburan dan olahraga serta sejarah masing-masing 1.500 buku.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *