Persiapan Ujian Akhir Siswa, MKKS Banda Aceh Gelar Tiga Kali Try Out Akbar

oleh -11 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Sebanyak 3.077 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kota Banda Aceh, mengikuti rangkaian ‘mata ‘uji’ Try Out ‘Gemilang’, yang diselenggarakan oleh pengurus “forum’ Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Banda Aceh, Sabtu (30/01) 2021 di sejumlah SMA dalam Kota dimaksud.
Try Out Akbar yang juga “berthema gemilang” tersebut, sebagai ajang bagi siswa (i) SMA menghadapi ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2020-2021 tersebut juga berlangsung selama tiga kali.
Setelah hari ini (sabtu, 30 Januari -Red) juga uji yang sama (try out) akan dilaksanakan, tanggal 27 Februari serta 27 Maret 2021 nanti.
PINTA KETUA MKKS Kota Banda Aceh, Syarwan Jho S.Pd,M.Pd di SMAN 3 Banda Aceh kemarin.
Sembari menambahkan, perjalanan try out kali ini tidak bekerjasama dengen pihak ketiga seperti pelaksanaan sebelum-sebelumnya.
“Namun dengen
menggali potensi yang ada di setiap sekolah, atau dari guru-guru yang memiliki kemampuan, seperti menyusun soal, ahli bidang tehknologi dan informasi/IT, memanfaat aplikasi yang ada,
Kolaboratif serta dikeblorasikan menjadi sebuh sistem yang dipakai untuk bahan uji try out.
Selain itu Syarwan Joni yang juga Kepala Smantig (SMA-3) Banda Aceh tersebut, “melihat lebih jauh arti penting try-out yang dilaksanakan.
Diantaranya dapat melihat
Standar mutu kelulusan siswa nantinya serta dapat
diterima di Perguruan Tinggi (PT) Favorit seluruh indonesia, bahkan luar negeri.
Kegiatan pembelajaran kusus extra sekolah bagi siswa kelas 3 memang sangat dibutuhkan, seperti try out.
Mengingat mulai tahun ini, tidak ada lagi Ujian Nasional (UN) sebagai progres/standar, atau penilaian kelulusan.
Dimana telah diganti dengen “Asismen Nasional” (AN).
Dalam artian, siswa kelas 3 dinyatakan lulus satuan pendidikan, atau lulus ujian sekolah dengen penilaian sedikit berbeda.
“Diantaranya ada 4 syarat kelulusan, yakni, siswa harus mengikuti semua rangkaian kurikulum pendidikan dan nilai tuntas, kedua membuat tugas, mengikuti ujian semester tiap jenjang yang ada, tiga, mengukti ujian akhir yang dibuat satuan pendidikan (ujian sekolah) juga terakhir penilaian akhlak dan budipekerti siswa sehari-hari juga sebagai salah satu penilaian, bersama penilaian ujian
standar kelulusan lainnya, pinta ketua MKKS yang juga kepala sekolah yang tergolong masih muda tersebut, penuh optimis.
Secara umum,
kegiatan tersebut juga dilaksanakan, menyahuti progaram pemerintah di tanah renconh, ” Yaitu program Aceh Carong” (pintar), menyiapkan mutu lulusan berkualitas, sehingga dapat bersaing dan diterima di Perguruan Tinggi terdepan, yang juga sebagai tujuan utama menyiapkan mutu lulusan terbaik, demi peningkatan kualitas pendidikan Aceh.
Tentu tujuan utama juga dapat diterima di PT kedepan sesuai dengen bakat dan minat siswa nantinya, tutup Syarwan Jhoni sebagaimana ciri khasnya, tegas, padat dan lengkap.
Sementara itu, Kabid Pembinaan SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Drs Amiruddin usai meninjau kegiatan try out tersebut juga tadi pagi disejumlah sekolah mengatakan.
“Apresiasi kepada pengurus MKKS Banda Aceh yang berkesempatan menggelar try out, yang dinilai penting bagi siswa semister akhir tersebut.
Bahkan dapat dilaksanakan tiga kali awal tahun ini.
Tentu Disdik Aceh, sebagai SKPA yang menangani bidang pendidikan, sudah sangat terbantu dalam upaya memajukan pendidikan Aceh.
Serta peningkatan kualitas kelulusan suswa (i) SMA sederajat tahun ini, sebagai loncatan penting mengaplikasikan program “Aceh Caroung”.
Kabid pembinaan juga menambahkan, dalam waktu dekat, Disdik Aceh bersama MKKS seluruh Aceh dan elemen lainnya, akan melakukan pertemuan dan kegiatan dengen alumni yang sedang nenempuh pendidikan disejumlah perguruan tinggi, pintanya singkat.
Tentu 28 MKKS di Banda Aceh dan kabupaten kota lainnya akan bersinerji dalam meningkatkan mutu pendidikan Aceh, terutama kualitas siswa dan siswi harus selalu dijaga dan ditingkatkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *