Tumbo Baro Kuta Malaka Gelar Pilsung Tuha Peut

oleh -38 kali dilihat

ACEHWOW.COM- 10 kandidat calon akan bersaing untuk menjadi perangkat Tuha Peut di Pemerintah gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar.

Pemilihan Langsung Tuha Peut periode 2020-2026 akan digelar Ahad (26/1/2020) pagi yang dipusatkan di Halaman Meunasah Tumbo Baro.

10 kandidat Tuha Peut tersebut terdiri dari laki laki, yakni Bustaman, Jakfar M Nursalim, Abubakar, Munzir, Qusairi, Sofyan dan 3 kandidat perempuan masing-masing Arzayani, Rusmin dan Nurazmi.

“Dari 10 kandidat tersebut akan dipilih 5 orang yang mengumpulkan suara terbanyak yang akan dikirim ke Bupati Aceh Besar untuk di SK- kan”, ujar Ketua panitia pemilihan Tgk Syafari didampingi Keuchik Tumbo Baro Khaled Wardhana kepada media ini, Sabtu (25/1/2020).

Ditambahkan Tgk M Syafari, panitia siap menggelar proses pemungutan suara, kertas suara telah dicetak dengan kualitas berwarna dan pihaknya telah meminta bantuan ke kantor KIP Aceh Besar untuk pemakaian bilik pencoblosan dan kotak suara.

“Sebelumnya kami sudah melakukan soosialisasi kepada masyarakat dan mengedar undangan resmi kepada setiap pemilih.

Untuk warga yang punya hak pilih ada 900 orang dari total penduduk Gampong Tumbo Baro berpenduduk 1.450 jiwa,

Sementara syarat untuk menjadi Tuha Peut cukup hanya membawa KTP pada saat pencoblosan.

Panitia juga memberi peluang kepada para pemantau, penggiat demokrasi dan pemerhati masyarakat untuk ikut hadir menyaksikan pesta demokrasi memilih wakil rakyat di lingkup pemerintahan gampong, yang merupakan strata pemerintahan paling bawah dalam sistem pemerintahan di Indonesia. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *