Universitas Samudra Bantu Nelayan Pemanfaatan Kompor Surya

oleh -15 kali dilihat
Ket: Penyerahan Kompor Surya kepada Pemerintah Gampong Seuneubok, kabupaten Aceh Timur, Jumat (3/9). foto: Ist

ACEHWOW.COM-LANGSA, Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) IPTEK Universitas Samudra (Unsam) Tahun 2021 yang di ketuai oleh Bapak Dr. Muhammad Amin, S.T., M.T pada tanggal 3 Oktober 2021, Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat Gampong Seuneubok Baroh, Kabupaten Aceh Timur. Pengabdian tersebut berupa Pelatihan dan sosialisasi Penggunaan Kompor Energi Surya (energi Matahari). Dalam Kesempatan Tersebut Ketua Tim Pengabdian Bapak Dr. Muhammad Amin, S.T., M.T  juga menyerahkan 2 (dua) unit Kompor Energi Surya Kepada Masyarakat Gampong Seuneubok Baroh tersebut yang diterima langsung Oleh Bapak TAUFIQ M.YUSUF selaku Bapak Geuchik, Kompor Energi Surya tersebut merupakan hasil penelitian beliau Bersama dengan Teman-Teman Dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Samudra dan sudah dilakukan beberapa kali uji coba dengan hasil yang sukup baik, bahkan suhu yang dapat dihasilkan oleh Kompor Energi surya tersebut mencapai 150 oC -200 oC. Kompor surya tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak, merebus dan menggoreng.

Dalam Materi Pelatihan pada hari tersebut, Dr. Amin Menjelaskan Bahwa Kompor Energi Surya ini merupakan solusi bagi masyarakat dalam penggunaan Energi Alternatif yang ramah lingkungan dan gratis untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari yaitu memasak.  Kompor Energi Surya ini sangat berguna khususnya bagi nelayan dan masyarakat pesisir yang sulit mendapatkan minyak tanah maupun gas LPG untuk memasak, cukup hanya dengan memanfaatkan Cahaya Matahari (energi surya) lalu memasang Kompor Energi Surya tersebut dengan titik Fokus panasnya tepat mengenai Wajan atau Panci yang digunakan untuk Memasak. Selain dari berkurangnya beban rumah tangga karena tidak mengeluarkan biaya untuk memasak, Kompor Energi Surya juga sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polutan yang dapat mencemari udara maupun limbah pembakaran yang dapat merusak lingkungan, sambung Anggota Tim Pengabdi Bapak Muhammad Zulfri, ST, MM, MT.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) IPTEK Unsam juga melakukan pelatihan pemasangan langsung Kompor Energi Surya di depan Masyarakat Gampong Seuneubok Baroh, sekaligus Ujicoba penggunaannya. Pada saat uji coba Beberapa Perangkat Gampong, Ibu PKK, dan Ibu-ibu darma wanita turut andil dalam mempraktekkan secara langsung kompor surya. Seluruh Peserta dan Tim PKM, Ibu-Ibu Gampong Seuneubok Baroh Berhasil Menggoreng Kerupuk dan Memasak Telor Mata Sapi menggunakan Kompor Energi Surya pada sesi ujicoba tersebut.

Bapak Syamsul Bahri, SP., MP sekaligus anggota Tim pengabdi Program PKM IPTEK mengatakan bahwa Ujicoba Kompor Energi Surya tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik karena didukung oleh cuaca yang cukup cerah pada siang harinya,

Alhamdulillah Bapak Geuchik Gampong Seuneubok Baroh sangat bersyukur dengan adanya Program PKM ini, beliau mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakatnya dan cukup bermanfaat. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua TIM PKM IPTEK Unsam beserta anggota Tim (Redaksi).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *