UNSYIAH Gelar Konferensi International Secara Virtual, 5 Negara ikut terlibat Komite Ilmiah

oleh -76 kali dilihat

ACEHWOW.COM-BANDA ACEH, Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JMTI) Fakultas Teknik Universitas Syiahkuala (Unsyiah) melaksanakan konferensi internasional secara virtual yang bertajuk International Conference On Experimental And Computational Mechanics In Engineering (ICECME) 2020 yang berlangsung selama dua hari tanggal 13-14 oktober 2020.

ICECME ini akan membahas beberapa hal lebih dari 60 makalah ilmiah seperti computational mechanics, metallurgy and material science, energy, manufacturing processes and systems, biomechanics,  interfacial intelligent, Micro/Nano Engineering, micro-electro-mechanical systems, machine learning dan mechatronics. Makalah yang dipresentasikan nantinya akan dipublikasi pada Open Access Publisher: IOP Conference Series yang terindex oleh Scopus.

Panitia terdiri dari 3 orang advisory committee (Dewan Penasehat), 4 orang organizing committee (Panitia Pelaksana), 19 orang committee members (anggota), 8 orang Scientific Committee (Komite Ilmiah) yang berasal dari 5 negara (Inggris, Australia, Oman, Malaysia dan Indonesia), 19 orang Editorial Board (dewan editor) dan 2 orang administrator (staf administrasi).

Sebagai Dewan Penasehat yaitu Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng dan Prof. Dr. Ir. Marwan, Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech. Terlibat sebagai panitia pelaksana kegiatan yaitu Ketua, Dr. Akhyar, S.T, M.P, M.Eng, Wakil Ketua, Dr. T. Edisah Putra, S.T, M.Sc, Sekretaris, Ratna Sary, S.T, M.T dan Keuangan, Dr. Ir. Razali, M.Si, M.T dari Unsyiah.

Kegiatan ini sendiri dilatarbelakangi menjawab tantangan Unsyiah turut berperan aktif sebagai perguruan tinggi dalam merespon musibah pandemi COVID-19 dengan melakukan penelitian dan pengembangan produk. Hal ini ditandai dengan  peningkatan jumlah penelitian yang dilakukan dan anggaran biaya penelitian yang disediakan untuk mengobati pasien terjangkit dan mencegah penyebaran COVID-19.

Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI), Fakultas Teknik (FT), telah aktif melakukan kegiatan penelitian, pengembangan dan inovasi teknologi di lingkungan Unsyiah. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penelitian yang dilakukan, besarnya dana yang diserap dan jumlah produk inovasi yang telah dihasilkan. JTMI juga telah menunjukkan peningkatan kompetensi melalui jumlah proposal penelitian yang didanai ditingkat nasional, dan ikut serta serta dalam kompetisi produk inovasi nasional dan internasional seperti pengembangan komposit alami, mobil listrik, robot terbang, kapal selam, sepeda air dan pembangkit listrik terbarukan.

Pada hari pertama setidaknya terlibat sebanyak 180-an peserta yang berpartisipasi dalam konferensi ini. Konferensi yang akan berakhir besok (selasa,14/10) diharapkan menjadi eksistensi perguruan tinggi dalam terus berkontribusi menghasilkan inovasi-inovasi ilmu pengetahuan di masa pandemi seperti sekarang ini (redaksi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *