Yuk, Coba Gaya Hidup tanpa Sampah “Zero Waste Lifestyle”

oleh -153 kali dilihat
sumber: goodnet.org

ACEHWOW.COM- Masih ingat kejadian TPA (tempat pembuangan akhir) sampah Leuwi gajah yang meledak di tahun 2005? Yup, bencana ledakan gunung sampah tersebut telah memakan korban jiwa lebih dari 150 orang dan merusak perkampungan yang ada di sekitarnya. Sistem pengelolaan sampah yang tidak layak menyebabkan bertumpuknya gas metan di dalam gunungan sampah sehingga menciptakan ledakan tersebut. But still the real cause of this disaster is human, karena semakin hari manusia dengan beragam aktivitasnya telah menghasilkan sampah lebih banyak dari yang mampu dikelolanya hingga melebihi kemampuan alam untuk menyerapnya.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana serupa? Simple, jangan hasilkan sampah sehingga ga ada yang perlu kamu buang. And the next big question is, apakah mungkin hidup di dunia ini tanpa sampah? Bisa banget kalau kamu percaya itu bisa dilakukan. Ingatlah bahwa ada ratusan TPA di Indonesia. Jangan sampai kejadian serupa terjadi lagi di tempat lain hingga memakan korban jiwa dan materi.

 

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal untuk beralih ke gaya hidup yang “miskin sampah”.

  1. Reduce: Kurangi penggunaan plastik!

Lihat sekitarmu, hampir semua produk yang kamu gunakan adalah berbahan dasar plastik seperti botol minum, kotak makanan, sikat gigi dan masih banyak lagi. Suatu hari nanti, semua yang kamu gunakan akan jadi sampah dan berakhir di TPA (atau di laut, seperti yang terjadi di Indonesia). Plastik, apapun itu jenisnya, butuh waktu yang lama banget buat bisa terurai dan lenyap dari muka bumi ini. Semakin banyak kamu menggunakan plastik maka secara tidak langsung kamu berkontribusi terhadap permasalahan lingkungan yang kita alami baik sekarang maupun di masa depan (climate change is real guys!).

Nah, beberapa hal berikut bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik:

  • Gunakan peralatan makan dan minum yang non plastik (misalnya dari bambu atau stainless steel).
  • Gunakan peralatan make up yang non plastik.
  • Bawa tas belanja dari rumah, jadi kamu bisa coret kantong kresek dari daftar sampah harianmu.
  • Bawa air minum dari rumah, jadi kamu gak perlu beli air mineral botolan setiap kali kamu haus.

 

  1. Reuse: Jangan langsung dibuang!

Untuk mengurangi jumlah sampah, kamu bisa menggunakan kembali benda-benda yang gak terpakai. Berikut beberapa caranya:

  • Kalau belanja, pilih barang-barang yang bisa dipakai berulang kali (reuseable).
  • Hasil printing-mu salah? jangan dibuang, pakai lagi halaman di baliknya yang masih kosong.
  • Kurangi pemakaian tissue, atau bisa diganti dengan sapu tangan
  • Baju lama mu kekecilan? sumbangin ke yang membutuhkan, selama masih layak pakai.

 

  1. Recycle: Buat benda-benda kreatif dari sampah!

Mendaur ulang berarti mengubah sampah ke bentuk baru yang bisa kamu gunakan kembali. Bahkan, gak jarang barang-barang daur ulang ini juga punya nilai ekonomis. Just look around you guys. Semua benda-benda yang kamu anggap rusak dan ga bisa dipakai lagi, sebenarnya masih menyimpan nilai guna bahkan nilai jual.

  1. Compost daily!

Sisa nasi, kulit dan sisa buah-buahan, kulit bawang, sayur-sayuran, bahkan dedaunan yang berguguran di halaman rumahmu bisa disulap dengan mudah menjadi sesuatu yang bermanfaat, yakni pupuk kompos. Caranya sangat mudah, Kamu cuma perlu satu wadah (misalnya tong kapasitas 50 liter), kemudian masukan semua bahan organik sisa makanan dan aktivitas dapurmu. Biarkan semuanya bercampur dan terurai secara alami dengan berlalunya waktu. Dalam beberapa bulan, kamu udah bisa “panen” pupuk buatan mu sendiri. Kalau mau lebih cepat, tinggal tambahkan  bioaktivator yang banyak dijual dipasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Artikel ini sudah dimuat di IDNTimes.com  dengan judul  “Zero Waste Lifestyle Alias Gaya Hidup tanpa Sampah, Berani Coba?”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *