Diramaikan Atlet Pelatda PON, Ini Jumlah Mendali yang Diperebutkan pada Kejurda Panahan Aceh

oleh -82 kali dilihat

Foto, KETUA Pengprov Perpani Aceh Dr Nyak Amir (topi hijau) dalam satu event Panahan di Banda Aceh, tahun yang lalu.

ACEHWOW.COM– Selain dipastikan mempertandingkan
Empat Divisi dan memperebutkan 117 Medali, juga diramaikan persaingan dari atlet Pelatda PON Panahan Aceh bersama talenta berbakat lainnya dari Pengcab serta Klub Kabupaten dan Kota.
Dalam event
Kejuaraan Daerah  (Kejurda) Panahan, yang akan digelar Pengprov Perpani Aceh di Lapangan (venue) Panahan Komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, 19 – 22 November 2020 minggu depan.
Serts melombakan empat divisi katergori perorangan dan beregu putra-putri memperebutkan 117 medali.
“Seperti rilis tertulis yang diterima ACEHWOE.COM kemarin, dari Humas pengurus Cabor dimaksud”.
Ketua Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh, Dr Nyak Amir, M.Pd kepada menyebutkan, kejuaraan daerah ini melombakan Divisi Nasional (standar bow), Divisi FITA Recurve, Divisi FITA Compound dan Divisi Barebow.
Nyak Amir menjelaskan, divisi nasional, recurve, compound memperlombakan nomor beregu dan perorangan putra-putri. Sedangkan Divisi Barebow kategori perorangan putra-putri. Semuanya memperebutkan 39 medali emas, 39 perak dan 39 medali perunggu.
Sesuai Technical Handbook Kejurda, untuk divisi nasional (standar bow) melombakan jarak 50 meter, 40 meter, 30 meter, aduan perorangan, aduan beregu (jika ada tiga regu) putra-putri, memperebutkan masing-masing dua medali emas, dua perak, dua perunggu. Aduan mix team (jika ada tiga regu) putra-putri menyediakan satu medali emas, perak dan perunggu.
Divisi Fita Recurve, memperlombakan sesi 1, sesi 2, total sesi 1 – 2, aduan perorangan, aduan beregu (jika ada tiga regu) putra-putri, masing-masing memperebutkan dua medali emas, perak, perunggu. Aduan Mix Team (jika tiga ada regu) putra-putri, memperebutkan satu medali emas, medali perak dan perunggu.
Divisi Fita Compound, melombakan sesi 1, sesi 2, total sesi 1 – 2, aduan perorangan, aduan beregu (jika ada tiga regu) putra-putri, masing-masing memperebutkan dua medali emas, perak, perunggu. Aduan Mix Team (jika tiga regu) putra-putri, memperebutkan satu medali emas, medali perak dan perunggu.
Divisi Barebow melombakan sesi 1, sesi 2, aduan perorangan putra-putri menyediakan masing-masing dua medali emas, dua perak dan medali perunggu.
Nyak Amir menyebutkan, setiap pengurus kabupaten/kota mengirimkan maksimal atlet empat putra, empat putri per divisi. Setiap pemanah hanya dapat didaftarkan pada satu divisi.
Terapkan Prokes
Dalam menggelar Kerjurda ini, katanya, Perpani Aceh siap menerapkan protokol kesehatan cegah corona virus desease 2019 (Covid-19) dengan menyiapkan alat pelindung diri (APD) yakni berupa masker dan hand sanitizer.
Begitu juga, sebutnya, sebagai mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaann nanti, juga akan diatur jarak dan tanpa kerumunan.
Kabupaten/Kota Antusias
Nyak Amir menyebutkan, kabupaten/kota antusias untuk mengirim para pemanahnya mengikuti kejuaraan daerah ini. Hari ini sudah 17 kabupaten/kota menyatakan ikut dengan jumlah atlet100 lebih. “Kita perkirakan semua atau 23 pengurus kabupaten/kota (Pengkab/Pengkot) Perpani dengan 162 atlet mengikuti Kejurda,” katanya.
“Cukup tingginya animo kabupten/kota untuk ikut Kejurda, karena pada 2020 ini belum ada event yang mereka ikuti, sehingga event ini menjadi tolok ukur dari pembinaan yang telah dilakukan,” ujar doktor di bidang olahraga lulusan Universitas Negeri Surabaya 2004.
*Atlet Pelatda PON Ambil Bagian*
Kecuali itu, sebutnya, delapan atlet Aceh yang saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang dilaksanakan KONI Aceh menghadapi PON XX/2021 Papua, juga akan ambil bagian mewakli daerahnya masing-masing.
“Bagi atlet Pelatda PON, Kejurda ini sebagai ajang ujicoba dan menjadi momentum mengukur progres dari pemusatan latihan daerah yang durasinya sudah hampir setahun mereka jalani,” ujarnya.
Program Kerja Setiap Tahun
Nyak Amir mengatakan, gelaran kejuaraan daerah ini merupakan proses program kerja setiap tahun untuk menyeleksi dan mengevaluasi hasil pembinaan yang dilakukan pengurus kabupaten/kota (Pengkab/Pengkot).
“Kombinasi atlet hasil kejuaraan ini menjadi data base bagi Pengprov Perpani Aceh untuk proses mengikuti event-event nasional di masa mendatang,” katanya.
Sebutnya, seiring Kejurda ini juga akan dilaksanakan rapat kerja tahunan,19 November 2020 dan sebelum perlombaan dimulai, lebih dulu dilakukan penyegaran wasit. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *