PSSI Gelar Liga1 akhir Bulan Depan, Ini Kepentingannya

oleh -130 kali dilihat

ACEHWOW.COM-Kompetisi sepakbola Liga1 Indonesia 2020 direncanakan ‘kick off’ mulai tanggal 29 Februari bulan depan, dengan demikian juga ajang turnamen pra musim Piala Presiden tidak digulirkan tahun ini.
Itu salah satu keputusan urgen yang direkomendasi ‘voter’ dalam Kongres tahunan PSSI Pusat di Kuta, Bali, Sabtu (25/01) sehari penuh.
Urung menggelar Piala Presiden dan mempercepat kick off Liga1 tahun ini, salah satunya dingebut Liga sepakbola tertinggi tanah air tersebut harus selesai paling telat bulan November, mengingat akhir bulan dimaksud Timnas senior akan bertanding di ajang Piala AFF, yang juga ditargetkan dapat meraih gelar juara.
Serta persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 juga sangat erat kaitannya dengan Liga1, dalam artian.
Jika kompetisi ‘stara’ tinggi dapat berjalan sesuai jadwal, tahun 2021 sudah lebih mudah diatur, ungkap ketua umum PSSI Mochamad Iriawan usai Kongres tahunan tersebut, “yang juga sudah direlisis sejumlah Media nasional dua hari lalu”.
Namun demikian, bersama dengan PT LIB, PSSI dalam perjalanannya selama dua minggu ini, akan menggodok kembali kapan finalnya Liga1 2020 bergulir.
“Mekanisme Liga1 sendirinya tahun ini sudah digodok sebelumnya dan dimatangkan dalam Kongres Bali.
Selain ada sejumlah agenda Timnas senior di ajang Pra Piala Dunia dan Asia kedepannya, serta agenda Timnas kelompok umur selama Liga1, 2 dan Liga3 2020 berlangsung, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), akan menyusun jadwal seramping mungkin, agar tak terganggu agenda Timnas serta Liga dapat berlangsung sesuai jadwal, dimana berjalan dengan baik dan berkualitas, “juga akan membahas permintaan jadwal tanding ‘Away’ Persiraja Banda Aceh, saat Liga1 memasuki bulan puasa.
Terang ketua PSSI yang akrap disapa Iwan Bule tersebut, sembari menambahkan, jika Liga1 bergulir akhir bulan depan, Liga2 sendiri direncanakan kick off-nya, pertengahan minggu kedua Maret, pintanya.
Sementara ketua Asprov PSSI Aceh, yang juga salah satu voter utama Kongres tahunan PSSI Pusat 2020 di Bali, hari Sabtu kemarin, Nazir Adam,SE,MM mengharapkan tim Liga1asal Aceh Persiraja Banda Aceh, dapat memprogramkan ujicoba denge tim setara lainya, setelah turnamen paruh musim Piala Presiden tahun ini urung digulir.
Mengingat persiapan tim menuju liga tertinggi, tanpa ujicoba denge tim selevel dan setingkat diatasnya, sulit mengukur kualitas pemain, menurut posisi masing-masing.
Mengingat jika hanya latihan “games” internal dan ujiconba denge klub level dibawahnya, dikhawatirkan akan kelabakan diawal-awal kompetisi”, tambah Nazir Adam.
Persiraja sendiri, jika dijadwalkan latihan perdana akhir bulan ini, otomatis sudah terlambat, hanya ada waktu satu bulan, jika Liga1 bergulir, tanggal 29 Februari bulan depan.
Apalagi kontestan lainnya, seperti Bali United, PSM Makasar mereka sudah menggelar pertandingan Internasional diajang AFC Cup sebagai juara dan runner-up Liga1 2019, serta sejumlah tim lainnya sudah mengikuti turnamen diluar dan dalam negeri, sebagai pertandingan ujicoba dalam pematangan tim.
Selain itu, ketua umum Asprov juga mengharapkan, tim Liga3 dibawah Asprov PSSI Aceh, sudah dapat menyusun program latihan atau persiapan tim, sambil menunggu jadwal resmi PSSI Pusat jalannya “kick off” Liga3 regional Asprov 2020 tutupnya singkat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *